.

.

Minggu, 14 September 2014

Perbedaan Celana Jeans dan Denim

Pada jaman sekarang ini anak muda sering kali menggunakan celana dengan dasar jeans maupun denim, karena celana dengan dasar seperti itu bagus dan juga keren di pakai, sekarang akan kita bahas satu persatu.
Apa itu jeans ? Nama jeans datang dari sejenis nama bahan yang dibuat di Eropa. Nama jeans di ambil dari para pelaut Genoa di Italia.Pelaut ini selalu menggunakan pakaian dari baha jean. Bahan tersebut terbuat dari bahan katun, linen atau wol. Kemingkinan besar bahasa jean berasal dari bahasa prancis, bleu de Genes atau celana biru dari Genoa, dan kita kenal hingga sekarang dengan blue jeans.

Apa itu denim? Kalau denim berasal dari nama bahan asli Perancis bernama Serge de Nimes. Serge artinya sejenis bahan. Nimes adalah nama sebuah kota di Perancis. Namun, di waktu yang bersamaan, dikenal pula sebuah bahan di Perancis bernama “nim”. Keduanya terdiri dari wol. Popularitas denim di abad ke-18 juga meningkat.



Jeans
Jeans ini memang terbuat dari bahan syang sangat keras dan kuat jeans biasanya di gunakan oleh orang tua atau bapak bapak tetapi seiring perkembangan zaman jeans pun sekarang juga banyak di minati oleh kaum muda mudi atau remaja.


Denim
Denim ini juga sangat kuat bahkan lebuh kuat dari pada jeans tapi denim terdapat beberapa warna dan kebanyakan anak muda juga banyak memakai denim seperti ini. Pada abad 19, bahan keduanya terbuat dari katun. Warna biru yang biasa dipakai pada denim/jeans terbuat dari hasil olahan suatu tanaman yang bernama Indigo atau Indigovera. Indonesia bahkan disebut-sebut dahulu merupakan salah satu penghasil Indigovera terbesar dunia. Bahan tersebut yang asli harganya sangat mahal, karena itu ditemukanlah indigo sintetik oleh Adolf Von Baeyer pada tahun 1878.

0 komentar: